1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Bapak

Saya mau tanya, sampeyan itu punya Bapak berapa? Saya punya empat. Nggragas? ya tidak juga tuh. Bapak saya yang pertama itu Bapak kandung, walaupun dia tidak pernah mengandung saya … lha wong Bapak saya yang pertama itu bukan kuda laut kok (info: pada kuda laut, hewan jantanlah yang melahirkan anak-anaknya), tetapi dia yang bertanggung jawab sampai saya ada di dunia ini, separuh dari gen-gen saya berasal dari dia. Bapak saya yang kedua adalah Bapak kandung istri saya. Lha yang ketiga dan keempat adalah orang yang saya anggap sebagai Bapak. Ada kemiripan dari keempat Bapak saya itu, selain fakta bahwa mereka itu bukan kuda laut, …. saya mencintai empat laki-laki itu dengan sangat. Kali ini saya hendak ndobos soal Bapak saya yang nomer tiga.


Bapak saya yang nomer tiga itu, selanjutnya saya sebut saja B3, pertama kali saya kenal namanya lewat sebuah buku. Pada saat itu saya masih mahasiswa yang sedang mencari-cari apa yang hendak saya tekuni. Saya berkata kepada dosen pembimbing saya kalau saya ingin mempelajari primata. Sang dosen mekitik itu bilang begini “kalau kamu mau belajar monyet, mbok ya tinggal ngaca. cari yang baru sana”. Begitulah, dalam proses pencarian itu saya menemukan buku kecil berwarna merah dan bejudul Birds to Watch. Saya terkagum-kagum pada isi buku itu dan saya bertekad bahwa suatu saat nanti saya ingin berkenalan dan salaman dengan penulis buku itu. Ya si B3 itu … lho, jarang-jarang saya kagum sama bule.

Entah itu karena kesungguhan, bejo bagus atau karena kecerdasan saya (yang terkahir ini masih diperdebatkan) saya akhirnya bisa bertemu dan salaman dengan si B3 itu pertama kali pada bulan Agustus 1995. Ndredeg sayanya, pujaan saya kok. Pada tahun itu juga, saya terlibat dalam sebuah pekerjaan bersamanya, sebuah pekerjaan yang selesai 7 tahun kemudian. Pekerjaan yang membawa saya menjadi sangat dekat dengan B3, dan makin hari kekaguman saya padanya makin bertambah. Soal bahasa saja, selain Bahasa Inggris yang merupakan bahasa ibunya, dia menguasai dengan fasih beberapa bahasa asing lain, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Belanda, Itali dan Latin.

Dari B3 itu saya juga belajar sangat banyak tentang burung dan menumpulkan informasi yang terkait dengan burung. Sepulang kantor (jika saya sedang di Cambridge) kami sama-sama menikmati buku atau lagu-lagu klasik sembari dia bercerita itu penyanyinya sedang nyanyi apa lengkap dengan gayanya seperti penyanyi di sebuah pertunjukan opera. Tentang buku, dia banyak bercerita tentang apa-apa yang tak dituliskan pada buku itu dan buku-buku lain yang berkaitan. Banyak waktu kami habiskan bersama mengobrolkan isi sebuah buku sambil sok tahu menebak-nebak, kenapa penulisnya menulis seperti itu.

Makan pagi dan malam harus dilakukan bersama, dan jangan harap bisa meninggalkan meja sebelum acara makan itu selesai. Meja harus ditata rapih, dengan peralatan makan yang lengkap, piring hangat, duduk tegak dan makan dengan tertib. Kadang sambil makan malam kami saling bertukar cerita apa-apa saja yang tadi dilakukan di kantor. “Tell me son, what did you do to save the world today“. Gambaran seorang laki-laki konservatif? ya … dalam beberapa hal B3 sangat konservatif, tetapi dalam banyak hal dia sangat liberal dan nyeleneh.

Sebagai teman dia adalah teman yang sangat menyenangkan, sebagai Bapak dia sangat welas asih, dan sebagai teman kerja dia sangat membantu. Dia tak akan ambil pusing bagaimana saya melakukan sebuah pekerjaan, dia hanya memberikan saya waktu kapan hasil pekerjaan itu harus diserahkan. Saya tidak pernah ragu bertanya kepada B3, karena buatnya tidak ada yang namanya pertanyaan bodoh, walaupun kadang tidak mudah juga mendapatkan jawaban langsung darinya, “kamu cari di buku ini, ini dan itu, ada jawaban pertanyaanmu di situ”.

Begitulah B3 yang tidak akan saya temui lagi untuk waktu yang agak lama tampaknya. Saya akan merindukan sapaannya di pagi hari “good morning son … tea my boy?” … Selamat ulang tahun ke 60 Nigel Collar.

12 orang ikut ndobos

1

28 November 2006 12:08:34

Blanthik Ayu

horeeee!!!!! jarang2 lho aku disikan :p artine aku tetep muales nyambut gawe :D

dalem nggih ngaturaken sugeng ulang taon kagem eyang Nigel, mugi2 diparingi yuswa lan kesehatan..wis pokoke all the best lah :D

kalo tulisan ini dilayangkan ke Eyang Nigel, pasti dia juga mbrebes mili kayak saya… eitssss aku dudu ayam!!!!

2

28 November 2006 12:17:38

nananias

jadi udah nemu cara mencloning nigel?

3

28 November 2006 12:18:38

kawula alit

dhe.. rasa kagum itu baik… saya percaya pada njenengan..setiap kita berkomunikasi dengan wong liyo, merupakan hal yang lumrah untuk mengagumi entah itu dari kepandaiannya, cara berpikir, pola hidup lan sak panunggalane. saya percaya gimana njenengan berpikir dan menilai orang.. bisa jadi bapak ketemu gedhe, ato om ketemu gede, ato pakdhe ketemu gede ato apalah.. saya salut.. saya percaya juga kenapa njenengan menulis pelangi kemaren.. nuwun sewu lho niki.. hehehe :P

lha kok key kodene kudanil..??

4

28 November 2006 12:23:55

kawula alit

pakdhe.. saestu.. namung guyon lho niki.. ngapunten ah.. ampun dados penggalih.. hehe :P

saiki keykodene misuhi aku.. monyet..??

5

28 November 2006 12:46:15

siberia

met ultah buat B3 :D

btw, ini kode wajibnya kok nama2 hewan? idenya dokter hewan soko jogja itu ya….
kapan itu aku dapat babi, sekarang badak (tanpa cula) :P

6

28 November 2006 14:03:29

bangsari

bapakku sapa ya? :((

7

28 November 2006 16:01:45

venus laaah

‘tell me son…’, ‘good morning son, tea my boy?’…

sakjane njenengan kui sopo, mbilung opo rudy opo ‘son’? opo ‘ ma boi’?? hehehehe…

hepi b’day, B3

8

28 November 2006 17:01:34

evi

disini pak Bos dan wakilnya namanya cuma beda tipis ‘no’ ama ‘ko’ jd kita namain B1 ama B2, ternyata ada B3 juga toh…?
met ultah buat B3…..

btw, Pakdhe kapan slametane? ojo lali undangane….

9

28 November 2006 17:15:58

dekTiz

Mas, kapan2 ndobosin B1 nya.. wani ora?? Dah balik ke tanah air blom sih ini?

10

29 November 2006 02:13:33

Pasiene Mbah Dipo

B3?? bukane singkatan dari Bahan-bahan Beracun dan Berbahaya?

*ngacirdotcom*

11

29 November 2006 11:35:44

Luthfi

horeeeee, ornitolog kita :-)

12

29 November 2006 11:36:40

Luthfi

lho, kok Om Bangsari gak kedetek OS dan browsernya?

Ikutan Ndobos

|