Bangau bluwok

Seribu Intan nomer 9

Ukurannya termasuk besar, warna bulunta didominasi putih kecuali di bagian sayap ada warna hitamnya. Karena warna tubuhnya, bangau ini dalam Bahasa Inggris lantas dinamai Milky Stork (Mycteria cinerea). Paruhnya kuning panjang dan melengkung dengan tata wajah yang agak-agak gimana gitu. Kakinya jenjang dan panjang dengan jari-jari yang didisain untuk berjalan dengan nyaman di tanah-tanah becek, berlumpur, tetapi juga mampu dipakai untung bertengger di dahan-dahan pohon tempat mereka bersarang. Bangau bluwok, bangau yang anggun jikala terbang ini termasuk burung yang secara global terancam punah.

Bangau bluwok di dunia praktis terbatas sebarannya di Asia Tenggara saja, dari mulai Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia burung ini pernah terlihat di Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Sumbawa, Sulawesi dan Buton. Dahulu diketahui burung ini membuat sarang di beberapa tempat di pantai Utara Pulau Jawa, tetapi saat ini di Indonesia hanya ada satu tempat yang diketahui di mana burung ini bersarang, di Pulau Rambut yang masih berada di wilayah DKI. Jakarta.

Bangau bluwok hidup di daerah pantai, menyukai daerah hutan bakau dan muara yang berlumpur. Kadang terlihat burung ini mencari makan di daerah persawahan, tambak atau di pinggiran sungai. Di daerah becek-becek begitulah dia mencari makanannya yang berupa ikan, ikan gelodok, kodok, belut dan kadang bahkan ular.

Sarangnya yang besar berada di pohon-pohon yang tinggi. Struktur sarangnya termasuk sederhana saja, dibuat dalam satu kompleks sarang di mana beberapa Bangau membangun sarang secara bersama-sama. Di Pulau Rambut mereka membangun sarang pada musim kering. Mereka bisa bertelur hingga tiga butir dengan masa mengerami hingga satu bulan. Anak-anaknya bisa mulai meninggalkan sarang setelah berumur 7 minggu dan mulai terbang.

Penyebab utama yang menjadikan burung ini terancam punah adalah hilangnya tempat mereka mencari makan dan karena diburu. Konon kabarnya, daging burung ini layak santap. Polusi air juga mungkin menyebabkan burung ini hidup dalam kesulitan.

Beberapa lokasi baru di mana burung ini bisa dilihat dalam jumlah besar mulai ditemukan di Indonesia. Seorang teman melaporkan jenis burung ini di Bagan Percut, dekat Medan, dalam jumlah besar, lebih dari 200 ekor di satu tempat. Kawan lain bercerita dan berkirim foto burung yang sedang terbang di Jepara. Masih adanya burung ini di dekat pemukiman manusia menunjukan kalau mereka tidak menghindari manusia, hanya saja manusianya yang kadang ndak mau didekati. Kalau ndak tempat hidupnya dirusak ya burungnya dibedil saja … mungkin manusianya sudah sangat kelaparan.

Foto © Jonathan Cheah Weng Kwong diambil dari sini.

Join the Conversation

13 Comments

  1. burung ini yg sering hinggap dipohon asem bukan Pakdhe…? kyk banyak terlihat disepanjang jalan raya srondol di Semarang itu.

    asik….dpt ‘opor’ cocok buat temen makan siang….

  2. Waktu kecil dulu rernah melihat bangau terbang di atas desaku. Sedih burung2 pada punah. Kalau yg di Srondol itu kayaknya Kuntul mbak Evi.. bukan bangau. Aku perneh ketelekan ketika naik motor di sana.

  3. hahaaa…terjebak kau…itu postingan hari kamis! ayo jumat posting lagi ;D!!! Ben MUMET PECAS nDAHE!!! Aku kok makin sebel mahluk yang namanya manusia. Kenapa ogah berbagi tempat dengan mahluk lain. Huh!

  4. ========================================
    #bangsari
    8 December 2006 10:24:13

    kok semua hampir punah pakde? lantas yang berkembang biak ada ngga?
    ========================================

    ada tuh, flu-nya 😀
    *kaborrrr*

  5. ini foto bangau Tontong klo ndak salah,daging na banyak 4 kali dari burung kuntul ap blekok, tapi lebih enak and lebih sedap Bebek liar alias Mliwis uhhh di Semarang Masih Banyak klo Mendarat dari angkasa rombongan na Ratusan turun ke rawa2 tinggal di Dorrrrrrr pakai senapan steven laras panjang Call 1.77 langsung tumbang bokkKKKK pakai peredam jd yg laen ndak kaburrrr

  6. Bagi para pemburu Luar Kota Boleh Sewa Gaet Pemandu LOKASI perburuan binatang buruan ,Mliwis(bebek liar)Cangak,Bangau,ayamRawa(Pitik2an) kuntul,blekok,Bajingan ehh sorry Bajing(Tupai)..Blacan, BaBi Liar(celeng)kijang,ayam liar luar kota tp deket dari kota Semarang HUB.Pak BJ (Gendut) 081225404600,mau info lwt sms beli in pulsa dulu Baru d Balas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *