1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Indekost

Pemondokan atau pondokan adalah istilah yang sudah jarang dipakai tampaknya. Istilah ini dahulu sering dipakai untuk mengacu pada tempat tinggal sementara para pelajar atau karyawan yang bersekolah/bekerja jauh dari rumah asalnya. Biasanya hanya berupa satu kamar saja, bisa kosongan bisa juga sudah dilengkapi dengan perabotan ini itu. Sementara fasilitas umum seperti MCK dan ruang makan dipakai bersama antar sesama pemondok.

Istilah yang akrab untuk pemondokan pada saat ini adalah indekost, disingkat kost atau bahkan sering ditulis jadi kos saja. Indekost, kata dalam Bahasa Belanda, yang secara serampangan bisa diartikan sebagai tempat yang disewa untuk menginap, tetapi sang pemilik asli juga tinggal di rumah yang sama dan berlaku sebagai induk semangnya. Lantas di Indonesia induk semang tersebut dikenal sebagai ibu kos, walaupun tidak tertutup kemungkinan sang induk semang itu bukan seorang ibu atau bahkan bukan perempuan.

Tempat ngekos biasanya menjamur di sekitar kampus. Tengok saja kawasan-kawasan pelajar di Yogja, Jatinangor atau Depok. Harga yang ditawarkan tempat kos-kosan sangat beraneka, tergantung dari fasilitas apa yang ditawarkan. Tidak sebagaimana pemondokan jaman dulu, tempat kos sekarang banyak yang menawarkan kamar yang lengkap dengan kamar mandi sendiri. Satu kamar satu kamar mandi sehingga penghuni kamar tidak mesti berbagi kamar mandi dengan anak kos lainnya. Ada pula yang menawarkan kamar berpenyejuk udara. Perkara fasilitas begini, pemilik tempat kos-kosan toh bebas berkreasi. Ada rupa ada harga tentu saja.

Persaingan usaha kos-kosan bisa saja terjadi. Tempat kos magrong-magrong bermodal kuat bisa jadi diuntungkan. Harga sama fasilitas lebih banyak. Jika ini terjadi, pemilik tempat kos bermodal cekak akan dipaksa untuk membanting harga. Dalam persaingan begini, yang namanya mengiklankan diri lantas lumrah dilakukan. Baik dengan memasang iklan baris di surat kabar, memajang brosur di sekolah, atau seperti gambar di sebelah ini, memasang papan pengumuman di mobil mewah. Boleh-boleh saja. Seboleh saya berinterpretasi bahwa 9 kamar kost dan paviliun yang ditawarkan semua ada di dalam mobil itu.

Ngawur!! kamarnya di mana? ya di dalam ruang penumpang. Lha paviliunnya? di dalam tempat bagasi. Haiyaaaah, lantas bagaimana memasukan 9 anak kost ke dalam mobil? Lho ya tinggal dibuka saja pintu mobilnya, anak kosnya disuruh masuk. Kurang menarik bagaimana coba? Kalau perlu, iklannya bisa juga ditambahi tulisan “dengan fasilitas antar jemput”, atau untuk menjamin “kebersihan” tempat kos boleh juga ditulisi “tidak boleh indehoy di tempat indekost”.

11 orang ikut ndobos

1

30 December 2006 23:14:37

Hedi

jadi, critanya mau buka kos-kosan nih? :p
btw, Selamat Idul Adha dan Tahun Baru…

2

31 December 2006 07:08:52

tante asyik nomer 3

hasil potretan di jln cik di tiro jogja. keren! bisa saja di tangan sir jadi tulisan kek gini. weleh!

3

31 December 2006 08:54:19

tito

Lalu masalahnya apa? :D

4

31 December 2006 10:39:20

Iwan

Waah… asyik ya Kang liburan sama anak-anak. Sempat-sempatnya lagi melirik bisnis indekost gini. Bisa juga lho nyobaiin bisnis ini di Bogor hihihi…

5

31 December 2006 15:46:22

yati

trus napa?
itu gunanya pintu kan? lha…?

“sewa payung”

6

31 December 2006 18:57:25

Pailul

Boleh minta tolong dibantu den Mbilung
Saya ini sedang cari kos-kosan di Yogya yang berikut makan, mandi dan tidur malam ada yang ngeloni dan sukur-sukur ada yang mijiti Sebab saya tidak biasa dan takut tidur sendirian apalagi di Yogya yang sering gempa

7

01 January 2007 01:10:18

bebek

mengembangkan sayap yah kang… dari bisnis burung sekarang jadi bisnis kandang ayam :p *kabyoooor*

8

01 January 2007 23:26:12

mbakDos

wuih… kalok ituh mobil eh indekost berjalan bisa dibawa ke depok, mau sayah!

9

02 January 2007 01:27:01

Anang

wah asik nih kost di mobil

10

02 January 2007 02:07:04

Moes Jum

kalo yang nge-kos itu pasangan muda-mudi yang butuh kos2an jam2an gimana? Apa boleh ya? Kalo boleh bisa jadi “mobil goyang” doong …. hehehe

11

02 January 2007 13:40:04

april

ngawurrrrr pake banget

Ikutan Ndobos

|