1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Cacingan

Dubur berasa tak nyaman, gatal-gatal gimana gitu, mengundang jari-jari untuk menggaruk. Muka pucat, badan lesu, kurang darah, padahal makanan yang disantap bergizi baik dengan porsi yang cukup. Lha, yang begini ini termasuk tanda-tanda cacingan. Ingin lebih pasti mengapa itu terjadi, silahkan memeriksakan diri. Tidak usahlah merasa malu jika ternyata hasilnya sampeyan itu cacingan. Konon kabarnya lebih dari 60-70% masyarakat Indonesia itu secara sadar ataupun tidak “memelihara” cacing di saluran pencernaannya. Itu artinya, cacingan itu ya umum saja.

Saya sekeluarga termasuk rajin menenggak obat cacing secara teratur, selain melakukan langkah-langkah pencegahan dini lainnya. Tak sedap rasanya jika gizi makanan yang semestinya untuk kebugaran jasmani itu disantap oleh para cacing di usus. Beberapa cacing populer penghuni saluran pencernaan adalah cacing kremi, cacing pita dan cacing tambang. Semuanya mampu dengan rakus membajak sari makanan. Celakanya lagi, mereka dapat berkembang biak dengan pesat.

Dahulu di sekolah dasar saya diajari untuk menjalani pola hidup bersih, salah satunya agar tidak cacingan. Obat cacing juga sebaiknya dikonsumsi secara teratur, demikian nasehat yang saya terima. Obat cacing mana yang baik, mungkin Bulik Lita dapat dimintai sarannya.

Entah berapa besar kerugian yang dialami oleh negara ini karena turunnya produktivitas kerja akibat cacingan. Mungkin sampeyan punya hitung-hitungannya. Membeli bahan-bahan pembersih badan, pakaian dan alas kasur sebagai upaya mencegah cacingan serta membeli obat cacing mungkin lebih bermanfaat bagi penguatan ekonomi negara … haiyaaaah.

Atau sampeyan masih lebih suka ngolesi dubur dengan minyak jelantah untuk mancing cacing kremi?

31 orang ikut ndobos

1

21 February 2007 14:08:26

ndoro kakung

kalau rambut yang mulai abu-abu itu tanda cacingan atau karena terlalu sering menenggak obat cacing yo? :D

2

21 February 2007 14:25:06

Hedi

Manusia itu kok aneh² penyakitnya ya…kenapa hewan ga ada yang penyakitan manusia. Misalnya semua kena kemanusiaan, gajah kena kaki manusia :P

3

21 February 2007 14:50:55

Anang

makanya kalau makan cuci tangan dulu…

4

21 February 2007 16:07:11

Lita

Yang saya tahu, pakde, kalau tidak kecacingan (eh ini istilah benerannya lho) ya tidak perlu minum obat anti-cacing. Apa beda ya dulu dengan sekarang?

Soal jenis, ahem… ndak bisa menyarankan, pakde. Ilmunya belum nyandak.

5

21 February 2007 16:28:44

yati

mmm…cacingan dah umum ya? kalo laper mulu, jangan2 naga-an?

mas hedi, kalo di planet ayam, ada flu manusia keknya :p

6

21 February 2007 17:09:02

adipati kademangan

ada benernya kalo orang tua bilang suruh makan daun pepaya, pare, gambas, lamtoro, makan beluntas, serta makan makanan yang puait pait itu, alami dan jawabannya langsung ilmiah “BIAR GAK CACINGEN”

7

21 February 2007 18:20:05

pitik

wah..ini pesan kayaknya buat Si rambo sangar alias kawulo alit

8

21 February 2007 19:11:31

Adi Suryono

“Tak sedap rasanya jika gizi makanan yang semestinya untuk kebugaran jasmani itu disantap oleh para cacing di usus”

Mungkin gak yah, obat cacing yg sir mbilung minum disantap cacing juga. hehehe

9

21 February 2007 19:51:03

SemarangCerah

“”Atau sampeyan masih lebih suka ngolesi dubur dengan minyak jelantah untuk mancing cacing kremi?””

Masih ada ya yg kek gitu hehehe

10

21 February 2007 20:29:07

venus

iiihhh…

11

21 February 2007 23:57:04

bu guru

loh mengkonsumsi obat cacing 3 bulan sekalih itu terbukti cara ampuh bwt mengusir cacing2 yg ada dlm tubuh je pakdhe…sayang manusianya ajah yg wegah

12

22 February 2007 01:40:25

Moes Jum bukan Cacing

kreminen itu katanya karena kebanyakan makan srundeng yoo??

13

22 February 2007 03:09:12

Yoki

Mo ilangin ‘kremian’ ? jangan makan kelapa parut! .wakakakakakaka

14

22 February 2007 06:13:40

Pailul

GENERASI SEHAT BEBAS CACINGAN artinya generasi yang sehat itu boleh saja cacingan gitu ya pakdhe? Bingung aku dengan slogannya.

Ngomong-ngomong sampeyan itu sekarang kerja di pabrik obat cacing opo?
Lha kok nganjuri minum obat cacing secara teratur. Bagaimana kalau kita termasuk yang 30% tidak cacingan itu. Khan nanti yang untung pabrik obat cacingnya saja.

Urun rembug ini ya pak dhe. Mungkin yang bener ya setiap lebih kurang 3 bulan kita rajin periksakan kotoran kita dilaboratorium untuk tahu ada telur cacingnya apa tidak.
Kalau misalnya ada ya telur cacing yang mana, sebab beda cacing beda obat nya, maksud saya obat cacing kremi tidak bisa dipakai untuk membasmi cacing pita.
Saya tidak ndobos lho pak dhe.

15

22 February 2007 09:03:30

jeng endang

aku gak pernah tau mas, kalo bisa pake minyak jelantah…hlo, kok kon mreneo meneh?

16

22 February 2007 10:10:03

de

kalo minyak jelantahnya bekas nggoreng iwak asin, ngga cuma cuma dapet cacing, tikus ama kucing pun akan datang menyambangi hehehehe

17

22 February 2007 10:42:47

Herman Saksono

Kucingku banyak yang mati cacingan. Cacing itu ternyata ngeri e. Telurnya bisa menjadi kista yang bisa hidup bertahun-tahun lamanya. Kista ini begitu masuk ke mulut kucing langsung jadi parasit mematikan yang dapat menjemput ajal kucing yang tidak fit dalam hitungan hari.

18

22 February 2007 11:26:18

aVank

cacingan? kek yang pernah denger :oops:

19

22 February 2007 14:34:28

kenny

wes geli disit sir…moco cacing

20

22 February 2007 14:47:06

diditjogja

Atau sampeyan masih lebih suka ngolesi dubur dengan minyak jelantah untuk mancing cacing kremi?

hah?! beneran Pakde? Nyoba ahhh……

21

22 February 2007 17:55:22

trie

opo lek wetengku muni kruekk…kruekkk, kuwi artinya cacing2 di dalam situ minta makan, begitu sir?

22

22 February 2007 19:57:41

once

sebulan lalu aku makan obat cacing, untung ndak kluar cacingnya, entar simbok repot, mbubuti cacing :-D

23

23 February 2007 14:55:49

Nananging Jagad

Yo nggak popo to PakDhe…jarene dadi menungso kon sayang kewan, idep-idep nguri-uri kewan, kwi perlu diregani.

24

23 February 2007 17:09:18

Rara

*komen serius* Iya, bener tuh pakde, kita ngga nyadar ya.. bisa aja kita tuh cacingan, sapa yg tahu.. mustinya dengan test feses di laboratorium akan diketahui org itu cacingan apa ngga, dari ada tidaknya telor cacing.. tpi, daripada repot test, langsung tenggak aja ya..

aku udah puluhan tahun ngga minum obat cacing.. hiii, serem… jgn2 udah beranak pinak, bercucu buyut.. Besok saya mau beli obat cacing.. *untung ngga kelewat berita ini*

25

24 February 2007 23:14:56

Lena

Wis th 2007, lha kok isih ono sing kremian tho yo?

yang gudig juga masih banyak kok   :D

26

26 February 2007 00:01:41

mbakDos

wah sir… saya pernah juga menjadi salah satu pemelihara cacing di dalam perut. siyalnya, makanan yang masuk ke mulut saya lebih banyak ditelan olehnya daripada oleh pencernaan saya. jadi ya mau tak mau harus diusir dari sana, wong merugikan saya kok!

tapi rasanya panjenengan gak mau tau bagaimana cara saya mengusir mereka ;-)

hayaaah bu dosen kok pake rasa-rasa …. kenapa? pake jelantah?

27

10 August 2008 09:58:57

ratna

makanya kalo kremian pakai g string,biar gampang garuk dan aman. habis gitu g stringnya d cuci. tips ini dari ibu guru saya d SD dulu(bu Seni Umariyati namanya), anusnya saban hari di garuki. padahal ibu guru yg lain(bu Psp) sampai ngasi obat cacing. nihil hasilnya.

28

10 August 2008 10:03:08

ratna

Ini pengalaman guru SD saya dulu, Bu Seni namanya,”nggak enak cacingan”, lanjutnya sambill aq nusuki lubang anusnya yg penuh cacing&telurnya,”kalo pas ngentot ibu sering gatal anusnya apalagi suami ibu suka anal sex, aq takut kontol suamiku kemasukan cacing”.Aq sering disuruh nyari cacing kreminya,100rupiah per ekornya,hidup atau mati.50rupiah untuk telurnya.

29

01 December 2008 22:02:29

gue galak

tuh komen ratna yang terakhir hapus aja bos. ga sopan gitu. ga enak di denger eh dibaca tau.

30

25 March 2009 14:57:58

Nesya

Jika cacingan puasa aja dl, biar cacingnya kurus2 lalu mati dah.

31

20 August 2010 07:46:54

amat muchlas

CACING CING CING CIIIIING ??????
1. CACING NGGO MANCING
2. CACING GELANG KANGGO OBAT MENGI (ASMA)
3. CACING GELANG KANGGO OBAT PANAS DALAM
4. CACING GARING KERING KANGGO OBAT DBD, TYPUS
5. CACING KANGGO MIC UP RYAS WAJAH/ PROSES DULU LAH YAW

Ikutan Ndobos

|