1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Itik noso

Seribu Intan nomer 23

Itik pada umumnya hidup di dataran rendah yang hangat dan senang berendam-rendam di kolam atau sungai berair tenang. Ayem sekali hidupnya. Tetapi, tidak demikian dengan Itik noso (Salvadorina waigiuensis) yang justru merasa nyaman hidup di gunung-gunung hingga ketinggian lebih dari 4.000 meter, berendam di air-air danau yang dingin atau di sungai-sungai dengan arus deras di Papua. Itik noso di dunia memang hanya bisa ditemukan di Papua (wilayah Indonesia dan Papua New Guinea).

Daerah bergunung-gunung di bagian tengah Papua, daerah kepala burung dan Huon, adalah wilayah hidup utama bagi Itik noso yang rakus ini. Bagaimana ndak rakus, segala macam bisa dimakan (omnivorous), entah apakah dia doyan makan teman. Itik yang cantik ini juga diketahui sebagai penyelam ulung. Kepalanya yang seluruhnya hitam, sangat kontras dengan warna paruhnya yang kuning dan kakinya yang berwarna kuning-jingga.

Karena sifatnya yang pemalu, mungkin aktif di malam hari dan hidupnya di tempat-tempat yang sulit didatangi, hingga saat ini baru diketahui ada sedikit tempat Itik noso mengerami 2 hingga 4 butir telurnya. Sulit dijangkau tidak berarti itik ini bebas dari incaran pemburu. Konon kabarnya daging itik ini lezat juga rasanya.

Itik ini sebenarnya sudah dilindungi oleh undang-undang di Papua New Guinea, bahkan gambarnya dijadikan untuk gambar perangko. Itik ini belum terdaftar sebagai jenis hewan yang dilindungi di Indonesia. Selain karena diburu, itik ini juga terancam karena pembangunan bendungan-bendungan pembangkit listrik di hilir sungai, penambangan dan aktivitas penebangan hutan yang dapat merusak tempat hidupnya.

Sampeyan ingin melihat itik ini di alam aslinya? silahkan naik-naik ke puncak gunung yang tinggi-tinggi sekali.

Gambar diambil dari sini.

4 orang ikut ndobos

1

31 March 2007 14:27:30

yati

hah? pitik ternyata asli papua? kok bisa basa jawa? hihihi…

* aLo OoM y4nG t4mp4N…boLeH ken4laN daN m4En ke rUm4h ga? (sambil kedip2 kelilipan, hahaha…)

2

01 April 2007 09:01:11

mbahatemo

pakdhe, noso hidupnya di hilir apa di hulu to?

3

02 April 2007 10:29:26

trie

pasti ini gara2 jum’atnya habis makan “sego bebek”, jadi baru posting seribu intan sabtu en…..soal bebek pula, hehehehee…

*pitta* ??…cacing????

4

04 April 2007 19:06:29

anakperi

walah, gawat ki…! pemburunya di sini pake M-16 je…

Ikutan Ndobos

|