1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Penguin Tidak Hanya Ada di Kutub

Ini sebetulnya tulisan lama soal Beruang kutub dan Penguin. Juga sudah pernah dimuat di tempat lain. Basi? ya biarin. Anggap saja seperti tayang ulang.

Jadi begini, jika kita bicara tentang kawasan kutub yang dinginnya brrrrrrr ya ampun itu dan es ada di mana-mana, lantas banyak orang akan mengasosiasikannya dengan orang Eskimo, Beruang kutub, dan Penguin. Bahkan Penguin, Beruang kutub dan orang Eskimo sering digambarkan hidup berdampingan. Bagi yang pernah menikmati lucunya film kartun Chilly Willy ciptaan Paul J. Smith mestinya ingat bagaimana penguin kecil ini memiliki rumah Iglo khas Kutub Utara . Ooo… tidak demikian, kata beberapa orang lagi. Orang Eskimo dan beruang Kutub tidak pernah hidup berdampingan dengan Penguin. Orang Eskimo dan beruang Kutub hidup di kawasan Kutub Utara, sementara penguin di Kutub Selatan (Antartika). Benar demikian?

Adalah benar bahwa Penguin secara alami tidak hidup berdampingan dengan Beruang kutub dan orang Eskimo, dan benar pula kalau Beruang kutub dan orang Eskimo hidup di kawasan Kutub Utara dan tidak ada Penguin di Kutub Utara. Akan tetapi tidak semua Penguin hidup di Kutub Selatan, paling tidak ada tiga spesies (jenis) Penguin yang hidup di dekat kawasan tropis, bahkan satu jenis hidup di daerah tropis dekat dengan Garis Katulistiwa.

Penguin adalah burung yang tidak dapat terbang, hidupnya bergantung pada laut. Makanannya pun berasal dari laut seperti krill, ikan, dan cumi-cumi, pokoknya yang amis-amis begitu. Penguin terbesar adalah Penguin emperor (Aptenodytes forsteri) yang bisa mencapai tinggi lebih dari 1 meter. Penguin emperor yang bertongkrongan gagah ini hidup di Antartika dan merupakan satu-satunya jenis yang berbiak pada musim dingin di Antartika. Sementara Penguin kecil (Eudyptula minor) adalah Penguinberukuran paling kecil yang hidup di Selandia Baru dan Australia. Penguin kecil ini benar-benar imut dan hanya memiliki tinggi tubuh sekitar 40 cm.

Satu-satunya Penguin yang hidup nyaris mendekati Garis Katulistiwa adalah Penguin Galapagos (Spheniscus mendiculus). Seperti namanya, burung ini hidup di Kepulauan Galapagos. Walaupun Penguin ini hidup di dekat Katulistiwa tetapi dalam hidupnya dia tetap membutuhkan yang dingin-dingin. Dingin-dingin di Kepulauan Galapagos ini dibawa oleh arus Humboldt dan arus Cromwell.

Adanya gejala alam yang dikenal dengan nama El Nino bisa mengacaukan kehidupan Penguin Galapagos ini. Pada saat itu arus Humboldt yang dingin digantikan oleh arus Ekuator yang panas makan akan terjadi perubahan pada persediaan makanan Penguin. Jadi bukan hanya Indonesia yang sengsara karena ulah El Nino yang bikin negara ini kering kerontang, Penguin yang hidup di Kepulauan Galapagos juga sengsara karena makanannya pada lari.

Bentuk tubuh Penguin yang menggemaskan ini bisa mengundang banyak turis. Di Australia, atau tepatnya di Phillip Island, negara bagian Victoria, setiap malamnya ada pertunjukan yang diberi nama Penguin Parade. Tempat menonton dibangun di sini disamping lampu-lampu sorot yang mengarah ke pantai untuk menyaksikan datangnya sang bintang pertunjukan, Penguin kecil yang baru pulang dari melaut menuju sarangnya. Pertunjukan yang menarik bayaran antara A$10 hingga A$60 ini (tergantung paketnya), mengundang lebih dari 500 ribu pengunjung setiap tahunnya untuk menyaksikan Penguin baris.

Gambar diambil dari sini.

12 orang ikut ndobos

1

01 May 2007 10:35:42

Goio

tidak ada Penguin di Kutub Utara

serius? waaahhh baru tahuu.. Hiks, pengetahuanku masih sangat2 minim ternyata… pembodohan oleh film? :( tulisannya selalu ‘north pole’ sih, gak pernah ‘south pole’… bahkan setahuku (yang bodoh dan sangat2 minim ini) di kutub selatan gak ada kehidupan… ternyata salah ya?

2

01 May 2007 14:58:02

kawula alit

dibunderan HA-I ada penguin juga… raksasa sisan tur malah jadi presiden.. sangar gak dhe…?

3

01 May 2007 15:24:57

trie

kalau penguin yang musuhnya batman itu, dari jenis apa sir ? :D

4

01 May 2007 16:54:31

bangsari

Kenapa penguin ngga bisa hidup di kutub utara pakde? kan adem juga, masalahnya apa?

#Kawula alit: presidenmu penguin, kowe opo? ndok penguin?:D

5

01 May 2007 18:12:30

bukan penguin

saya cuma burung biasa yang suka berkabar-kabar dan bergosip.

6

02 May 2007 06:43:52

-tikabanget-

Ooo.. Kayak di pilem Happy Feet ituh yaaa….
*ngitung duit mo ke Phillip Island..*

7

02 May 2007 09:39:05

mariskova

Iya ya, kita pernah nonton di NHK ttg penguin yg idup di daerah ‘panas’. Sempet shock juge hehehe

8

03 May 2007 04:50:00

tito

haha..hha..gambar kartunnya lucu. Tapi tanpa sadar mengajarkan sesuatu yang tidak benar ya?

9

17 May 2007 00:17:13

Moci Arane

lagi lagi, saya br tau klo trnyata kehidupan org eskimo, beruang kutub n penguin bejauhan…

10

19 June 2007 23:05:08

ramadhinta

Dulu guru saya pernah tanya gini “kenapa kita gak pernah dengar and lihat berita-berita tentang beruang kutub makan penguin, kenapa beruang kutub gak mau makan penguin? padahal beruang kutub terkenal sebagai binatang pemangsa yang lumayan galak?” jawabannya karena beruang adanya di kutub utara sedangkan penguin di kutub selatan, tadinya saya kirain cuma guyonan, rupanya beneran toh!

11

02 October 2009 14:46:05

kwik kwik

pinguin tu sprti pasi khidupanx…!!

12

23 February 2011 15:31:17

dhewicomelz

bbbbbbbbbbbbbrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr………………
adeeeeeeeemmmz…………….

Ikutan Ndobos

|