Musim Bingung

Si Mas sudah lulus SMP sedangkan si Adik sudah lulus SD, lantas datanglah kebingungan musiman itu, saat masa liburan panjang sekolah. Mau dibawa atau “dibuang” ke mana ini anak-anak. Dikurung di rumah saja? saya kok masih punya belas kasihan. Maka mulailah sang Ibu sibuk menyusun acara liburan untuk mereka, sang Ayah terima jadi seperti biasa.

Akhir pekan kemarin itu, setelah menculik anaknya simbok, kami menghabiskan waktu di tempatnya Paklik Baba (foto di atas). Lantas ada pula rencana untuk menyambangi tempatnya Bude Impu. Terpikirkan juga untuk menyambangi tempatnya Pakde Lody atau tempatnya Ndoro Bedhes biasa tertirah. Hanya saja kok semua itu temanya sama ya? pentalitan di alam terbuka. Mungkin belajar membatik di museum batik patut dicoba. Atau, pergi saja ke Bali, sekalian mengunjungi Buliknya anak-anak itu. Banyak pilihan sebetulnya, lantas masalahnya apa?

Mungkin masalah terbesar justru ada di orang tua. Sedang tidak libur kerja, sibuk pula. Atau mungkin juga pilihan-pilihan yang ada tidak berkenan di hati dan/atau di saku orang tua, walaupun sangat berkenan di hati sang anak. Melepas sang anak untuk menikmati liburannya sendiri saja tanpa orang tua? Mungkin anaknya ya senang-senang saja, atau malah makin senang. Tetapi apakah orang tuanya siap ditinggal pergi oleh anak? Coba tanyakan pada Paman Kemplu.

Join the Conversation

10 Comments

  1. “mari kita ramai ramai berbagi kebahagiaan keluarga.” mungkin begitu mereka bilang (paman tyo, ndoro bedhes dan sir mbilung). sayang aku cuman sendirian, hanya bisa berbagi dengan bayang bayang. 🙁

  2. wah..saya setuju bali, lewat darat aja, jalur selatan trus ngampiri saya yang siap nunut, hehehee…. *ngarep-arep* 😀
    eh..kan bisa liat danau lumpur itu juga lho….

  3. org tua harus siap ditinggal pergi oleh anak nya..
    sekarang ato nanti.. pasti terjadee
    jade.. kudu siap pak de.. 😛

    enak nya…………….. mbatik ae lebih kreatip..

  4. Pakdhe sama bingungnya sama saya. Bedanya, saya pengen ajak adek saya, pakdhe kan ajak anak2. Adek saya libur, tapi papa, mama n saya kerja smua, jadi kerjaan dia di rumah cuma nonton tv. Kasiaan juga sishh..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *