1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Berperang Saban Hari

Lebaran, pesta kemenangan setelah sebulan penuh berperang. Peperangan dengan ganjaran luar biasa berlimpah, pahala menggelontor deras dengan catatan kalau dapat pahala. Tak usahlah berhitung berapa pahala yang terkumpul, ini hari baik, dan pada kenyataannya toh tidak ada juga yang menghitung. Anak saya malah sibuk menghitung berapa uang yang diperolehnya dari “salam tempel”.

Taruh kata saya memperoleh banyak pahala dari ibadah puasa kemarin itu. Bisa jadi pahala tersebut menguap pada hari pertama lebaran. Jika ada yang berkata lalu lintas Jakarta sepi pada saat lebaran, cobalah tengok lalu lintas di sekitar kuburan dan perumahan. Pahala saya tampaknya terbuang banyak di kemacetan itu. Misuh-misuh gak guna.

Lantas tibalah acara kumpul-kumpul kerabat. Entah berapa banyak lagi pahala puasa menguap di sini. Bergunjing, ngrasani itu tidak baik, ngerti saya. Perkara hal tersebut tetap dilakukan, lain masalah itu.

Kalau sudah begini, lantas terpikir, berperang melawan hawa nafsu itu dilakukan mestinya ya saban hari, bukan hanya pas bulan puasa saja. Pertanyaannya, bisakah? saya hanya manusia biasa.

19 orang ikut ndobos

1

22 October 2007 13:27:23

yay!

saya terus terang ndak bisa menahan nafsu kalo terlihat orang berkelakuan bodoh layaknya saya.. ingin rasanya bibir ini mengeje2.. duh..

2

22 October 2007 13:34:30

maruria

Wah..susah pakdhe..Soalnya habis puasa, setan-setannya pada dilepasin lagi sih..makanya ya balik lagi mengumbar hawa nafsu..Heheh..

3

22 October 2007 13:44:31

gemblung

cepet bener! tadi aku lihat belum ada yang ndobos, eh sekarang no.3
Pakdhe…, maafin aku ya…!

4

22 October 2007 16:45:13

trie

wah… jadi ini maksudnya tadi :D
jadi pingin ngeraba jithok ku dewe, sir. tapi emang susah ya… lha saya juga manusia biasa je..
maaf lahir batin ya…

5

22 October 2007 17:26:21

Hedi

Biasa mas, material world…sampek urusan dengan Tuhan pun pake itung-itungan :)

6

22 October 2007 20:10:31

Anang

mari kembali beraktifitas setelah libur lebaran… :)

7

22 October 2007 20:56:46

fitri mohan

saya bisa nggak ya? hmmm…

8

23 October 2007 05:46:17

merahitam

Bolak-balik berkaca biar bisa menjaga hati, lidah, mata dan telinga. Tapi begitu selesai berkaca, lupa semuanya. Hiks…hiks…hiks…

9

23 October 2007 06:57:36

de

saya juga heran, orang2 berteriak2 hari kemenangan-hari kemenangan. menang tenan tah? menang opo? menang taruhan? saya juga gak yakin pahala saya banyak pas puasa kemarin. duh..

10

23 October 2007 08:09:41

didi

ngerasani manuk mawon pakde.

11

23 October 2007 08:11:25

iway

iya pakdhe jangan suka ngitungin pahala, ntar jadi kapitalis pahala :D

12

23 October 2007 09:25:16

gita

loh pancen ngunu pakdhe, mo dpt pahala banyak, godaan eblis jugah banyak , termasuk microblogging ituw hahahaha

13

23 October 2007 09:36:13

kenny

tiap hari perang, tiap hari kalah>>kalah nahan napsu

oh abis semaut tho, pantesan bbrp hari lalu blognya dibuka ngece terus :D

14

23 October 2007 10:47:13

venus

saya juga manusia biasa, mas. tak kuasa melawan nafsu jaikuing. argghhhhh……

15

23 October 2007 12:11:45

mayssari

MAAF LAHIR BATIN……………

16

23 October 2007 12:21:05

kw

ayo pak dhe… manusia biasa kalau latihan terus bisa jadi manusia super loh!

selamat lebaran, maaf banyak tulisan yang kurang berkenan :)

17

23 October 2007 13:05:00

Blanthik_ayu

mbiluung juga manusiaaaaaaaaaaaaa…kita semuaaaaaaa manusiaaaaaaaaa “nyanyi2 ala serius”

hihihihihi kikod’e jenengku dhewe :p

18

24 October 2007 17:21:38

funkshit

di sekitar kuburan kok macet ??
bukane harusnya sepi… ??
kasian para mayit nya .. terganggu

19

25 October 2007 12:45:00

april

koq misuh2 ma mayit?

Ikutan Ndobos

|