1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Kereta Kaya Rasa

Naik kereta listrik dimulai lagi, paling tidak dua kali sehari setiap hari kerja. Melanjutkan ritual harian yang sempat terhenti jaman saya masih di Tokyo, hanya saja kali ini rutenya Bogor – Jakarta pergi pulang. Walau berbeda lokasi, gerbong keretanya sendiri mengingatkan saya pada Jepang. Lha ya maklum, wong gerbong bekas sepur Jepang kok. Malah masih ditempeli pernak-pernik dengan tulisan kanji segala dan yang bikin geli, itu pemanas ruang gerbong di bawah kursi ya masih menempel.

Lantas ini nulis perkara kereta listrik ada apa? Apa mau misuh-misuh gara-gara tadi pagi Bogor – Jakarta ditempuh dalam waktu lima jam? Atau karena perkara jadwal yang ndak pernah tepat? Ah, ya tidak juga. Kalau ada yang hendak membandingkan pelayanan angkutan kereta listrik antara Indonesia dengan Jepang, maka saya hanya bisa komentar ….. hayaaaaaah.

Gerbong kereta memang sama, tetapi infrastruktur perkereta listrikan dan sumberdaya manusianya masih njomplang bedanya, termasuk disiplin para penumpangnya. Jika para pembersih gerbong kereta Indonesia bekerja di Jepang, bisa-bisa mereka cuma plonga-plongo ndak kerja-kerja.

Bagaimanapun, kereta listrik yang saya naiki saban pagi dan sore itu mengingatkan saya akan Jepang … with a twist. Pesan buat Mak Jepun, kalau kangen Jepang, coba deh naik kereta listrik Bogor – Jakarta. Rasanya ndak mirip memang. Samalah seperti kasus tempe yang kita makan di Jepang itu, beda dengan yang di beli di sini, walaupun sama-sama kedelai juga. Buat saya, kereta listrik yang saya naiki saban hari kerja itu “lebih kaya rasa”.

26 orang ikut ndobos

1

29 October 2007 21:36:12

Iwan Rystiono

Kaya rasa gimana pakdhe?

Campur copet, bau kringet, sampah, dll. Gitu to pakdhe?

*sok tau mode ON*

2

29 October 2007 21:38:57

Mak Jepun

Trus, sudah ketemu belom oleh-oleh saya dari Jepang di kereta itu? “I was here”

3

29 October 2007 21:52:05

BABAH

kereta indonesia memang toserba berjalan….
inilah akibat dari doktrinasi lagu “naik kereta api” sejak kecil, kata2 “…naiklah dgn percuma…” mengakibatkan PT. KAI gak pernah untung. Sekarang ditambahi lagunya,”…itu relnya bisa diambil dgn percuma, ayo lekas ambil….ntar bisa dijual…”

4

29 October 2007 22:55:49

Totoks

Saya kok belum pernah naik KRL yang kaya rasa ini ya.. lain kali mau coba ah.. paling tidak bisa merasakan KRL ex Jepun

5

29 October 2007 23:14:13

funkshit

tapi di kereta sini ngga ada anak smu yang rok nya tinggiiiii sekaliii. anak smu nya dikit

6

29 October 2007 23:32:50

kenny

orang jepang klo naek krl itu jg paling plonga plongo jg, heran :D

7

30 October 2007 00:31:01

ayahshiva

kalo gitu kita lebih maju dong soal transportasi kereta di banding jepang :P

8

30 October 2007 00:47:41

antogirangâ„¢

funkshit keracunan JAV tuh.. hihihihi

jadi total pulang pergi 10 jam dhe?

9

30 October 2007 01:41:22

annots

Ah pakdhe ini, Indonesia mana bisa sama dengan Jepang? Baunya KRL itu kan Pesing pakdhe, soalnya dia kalo pipis ga bisa nyiram sendiri wong ga punya tangan

10

30 October 2007 07:19:55

Anang

kereta indonesia emang super wah :(

11

30 October 2007 07:46:55

de

gak puas posting di jaiku? hahaha

12

30 October 2007 08:21:28

didi

nitip batu batre yang seribuan ya sir.

13

30 October 2007 08:42:51

iway

abonemen bukan?

14

30 October 2007 08:52:49

venus

aku blm pernah naik KRL. umpel2an gak, mas? :D

15

30 October 2007 08:53:58

Luthfi

paling seru yen lewat sekitar stasiun Depok, cewek’e ayu2
Halah

16

30 October 2007 09:14:11

aprikot

sesuk nek 5 jam lagi, disurung ae dhewe pakdhe :D

17

30 October 2007 10:35:33

rofiq

beruntung aku skrg lagi gak komuter k jkt, ada temen malah ambil cuti aja mas naik angkot dari citayam.

-salamkenal

18

30 October 2007 18:58:26

balibul

coba sampeyan berangkat ngepasi mahasiswi2 dari bogor yang kuliah di ui, gundar atau up. kalo sampeyan sudah bisa bareng mereka pasti sampeyan akan bilang rasa ” setan ketan ”

muka setan rasa ketan

19

30 October 2007 20:04:46

iphan

lah saya blom pernah ke jepang…
naek KRL juga belom, pak dhe.

20

30 October 2007 23:18:48

Hedi

5 jam? ada apa?

21

31 October 2007 02:47:48

kw

asyik dong mas, rasa asin keringat, asem wajah-wajah menahan kesal dan asin nya apa ya… :)

22

31 October 2007 08:47:15

mayssari

masih mending kita punya, meski juga lungsuran dari jepang..
sayangnya kok kita ndak bisa nglungsuri kehebatan orang2 jepang ya??

23

31 October 2007 08:52:42

-tikabanget-

jadi ada rasa kringet, rasa rokok, rasa kecut, sama rasa pengen muntah.. gitu pakdhe?

24

31 October 2007 09:10:24

NuDe

kaya rasa, rasa(h) mbayar gitu maksude yo pakdhe?

25

01 November 2007 15:09:21

mei

KRL bintaro-sudirman maknyusss..hehe

dolan mrene maneh pakde(melu-melu ??)

26

07 November 2007 10:09:55

maruria

Naik KRL jadi inget jaman saya kuliah di mBogor dulu. hehehehe…Kalo mo refreshing pasti larinya ke Jakarta n tentunya naik KRL mBogor-Jkt. Kalo ndak salah itu Pakuan Express yah??

Ikutan Ndobos

|