Sawah

Gambar latar (backdrop) besar di panggung tempat diselenggarakannya perhelatan besar di Bali yang sedang membicarakan perubahan iklim itu adalah sawah.

Salah pilih gambar? entahlah. Setahu saya sawah di dunia dapat menghasilkan hingga 100 juta ton gas metana (tidak ada hubungan dengan metani) setahunnya yang merupakan salah satu gas rumah kaca penyebab pemanasan global. Jika karbon dioksida (CO2) yang menjadi tokoh jahat utama itu selama “masa hidupnya” di atmosfir diberi nilai satu (1 Global Warming Potential – GWP), maka metana untuk masa 20 tahun memiliki nilai 62 GWP. Oh ya, sawah juga menghasilkan N2O yang dalam masa 100 tahun memiliki nilai 269 GWP.

Lantas, banyak yang menanggapi dengan berkata “kalau begitu sawah harus ditiadakan. Lha lantas kita makan apa?” Ah, kenapa begitu, bukankah sebaiknya kita bertanya “bagaimana caranya agar sawah tak melepas metana dan N2O?”

Photo diambil dari sini.

Join the Conversation

25 Comments

  1. Kok jadi masalah saling tuduh gini…???

    Negara berkembang nuduh negara maju dengan industrinya, negara maju nuduh negara berkembang dengan sawahnya…

    Lah terus piye?

    Kalo gitu kesimpulannya kabeh salah…ayo ditanggung bareng… ^_^

  2. sawahe wes dibajak, dadi saiki akeh sawah palsu
    sawah asli menghasilkan metana dan N2O
    sedangkan sawah palsu pasti kualitas nya tidak sebaik sawah aslinya
    jadi tidak perlu kuwatir sir

  3. “รขโ‚ฌล“bagaimana caranya agar sawah tak melepas metana dan N2O?”
    hmm..munkin fartikel dari H20 seharusnya dibakar dengan menggunakan zat crypton dan setelah itu disfiksikan dengan larutan garam dan *dihajar orang sekamfung*

  4. Salam kenal Pak Dhe,

    Ttg gambar sawah, kayaknya biar suasana di dalam ruang conference serasa di alam terbuka. Ntar kalo dikasih gambar pantai jadi Beach Party donk he he he

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *