1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Bosan

mban1365l.jpg

Pada jaman yang sudah lama lewat, saya selalu terkagum-kagum dengan seri tulisan jalan-jalan yang dituturkan oleh H.O.K Tanzil di majalah Intisari. Waktu itu, ingin sekali rasanya saya seperti dia dan istrinya. Bepergian ke tempat-tempat yang mereka kunjungi. Pada akhirnya, saya bekerja di tempat yang memberi saya kesempatan untuk bepergian ke banyak tempat. Harus diakui, saya bukanlah penutur cerita yang baik seperti H.O.K Tanzil. atau sultan kluyuran dalam hal jalan-jalan. Cerita yang lantas keluar juga hanya sepotong-sepotong, itupun hanya lisan. Bagaimana dengan foto? tak banyak juga.

Lantas, Lebih dari setahun yang lalu, saya memutuskan untuk berhenti dari kantor saya yang lama. Salah satu alasannya karena saya lelah (dan mungkin juga bosan) bepergian. Selama beberapa belas tahun bekerja di tempat itu, sudah banyak tempat dan negara saya datangi, beberapa bahkan saya kunjungi berkali-kali. Hampir semua tempat itu saya kunjungi untuk urusan pekerjaan dan ada sedikit yang saya kunjungi hanya untuk berlibur. Mungkin, hal ini juga yang menyebabkan saya merasa lelah waktu itu. Turne …. turu mrono-mrene.

Sekarang, setahun sudah lewat, dan saya sudah bekerja di kantor baru. Akan tetapi urusan bepergian tampaknya akan sama ceritanya dengan kantor lama dulu. Kali ini, saya masih menikmatinya, lagipula lokasi tujuan bepergiannya berbeda.

Lalu intinya apa? Rasa bosan itu yang bagi saya kok merupakan perputaran yang aneh. Dimulai dari keinginan, dikejar sampai mengkis-mengkis, lantas menjadi pelaku, kemudian bosan dan berhenti, lalu ingin lagi dan menjadi pelaku lagi hanya untuk menuju bosan pada akhirnya.

Sama halnya dengan blog, perputaran serupa juga terjadi. Buat saya, ini bukan soal salah atau benar. Ini soal perasaan saja yang sering kali lepas dari kendali logika. Jika ditanya, kenapa bosan, saya juga tidak punya jawaban yang jelas. Apa yang membuat sampeyan bosan?

Gambar diambil dari sini.

37 orang ikut ndobos

1

24 May 2008 13:38:31

kumandigital

saya bosen karena kurang dolan pak dhe.

2

24 May 2008 14:21:26

venus

perasaan dan logika. ada hubungannya dengan percakapan kita? jika sepanjang hidup kita selalu didikte oleh logika, lantas kita menjadi tidak seimbang, seperti…..terbelah?

3

24 May 2008 14:31:44

herman saksono

rutinitas itu membosankan

btw, kartun ilustrasinya lucu banget :) )

4

24 May 2008 14:38:13

Gum

kalau bumi ini bisa diajak berbicara, coba tanyakan pak.
tidak bosankah dia – sampai setua ini – terus berputar pada porosnya, dan tiada henti mengelilingi matahari? dia pasti akan menjawab, bosan.

tapi toh tetap dia lakukan. demi saya, demi njenengan dan segenap penghuni bumi ini agar bisa tetap hidup.

itu motivasinya.

jadi kalau ditanya apa yg membuat saya bosan, ya itu.
nggak punya motivasi.

*tolong!! saya mendadak berfilsafat….*

5

24 May 2008 14:42:47

yati

bentar…saya kagum dengan pelajaran filsafa-nya comment di atas saya. hmmm…karena ga punya motivasi. nah, gimana caranya biar punya motivasi?

6

24 May 2008 16:12:36

ulan

saya juga bosen , terus-terusan bosen,
bosan dengan kebosanan..
*bingung*

7

24 May 2008 16:17:42

Gum

@yati :
“gimana caranya biar punya motivasi?”

itu saya yang ndak ngerti :D

*kumat dudulnya*

8

24 May 2008 16:45:47

leksa

saya juga kadang bosan dengan rutinitas, pak de..

ada kala pengen lari saja menghabisi hari di tepi danau kecil dan cuma mancing, dan males-malesan…

tapi toh bosan juga punya titik jenuhnya.. bener tak?

9

24 May 2008 17:11:09

ngodod

saya pernah mbaca kompas, dimana nulis soal Indah Sukmaningsih yang Direktur YLKI itu, dimana pas awalnya ada quote dari Kon Fu Tse. Kata dia, “pilihlah pekerjaan yang kita sukai dan kita tak kan pernah bekerja sepanjang hidup kita.” gituw…

10

24 May 2008 17:26:42

Rystiono

Saya bosan kalo nggak ada yang dikerjain…

Nge-Blog adalah salah satu pengusir bosan…rasanya saya belum bosan ngeblog selama setahun terakhir ini….

11

24 May 2008 18:20:35

alle

saya kangen rumah,..

koq masih lama bgt yak br dapet cuti: LEBARAN :( (

12

24 May 2008 19:44:27

Anang

asal jgn bosan liat istri yg wajahnya dan onderdilnya yg itu-itu aja…

13

24 May 2008 19:51:15

Totok Sugianto

saya juga bosen pakde… kapan saya bisa ketemu sampeyan yo? :D

14

24 May 2008 23:49:28

bakulsempak

cari hal yang baru dong pakdhe…

15

25 May 2008 00:48:45

-tikabanget-

saya bosan ketika ndak ada tantangan.

16

25 May 2008 02:19:18

mbakDos

idem tika!!!
yaaa seperti sekarang ini ;-)

17

25 May 2008 09:27:03

prast

di moding dong pakdhe acara jalan-jalannya. terus pake bumbu berbau detektif, pasti jadi gak bosen.

eniwe, saya bosan kalo lagi bosen :)

18

25 May 2008 11:43:57

sumeong

saya se7 dg momon !!

eh tp sawang sinawang ya. saya heran bgt loh, kenapa pakdhe bisa sampe bosan, pdhl itu pekerjaan impian buat sy, bisa jalan2 kemana-mana…..

19

25 May 2008 13:14:59

Yahya Kurniawan

@sumeong
Pergi ke mana-mana memang iya, tapi masalahnya apakah sempat “ke mana-mana”? Maksudnya, diutus ke kota X tapi di sana cuma ngendon di hotel 1 malam, besoknya dah pulang lagi. Ya sama aja ndobos khan? :mrgreen:

20

25 May 2008 13:44:26

nico

bosen ga punya duit pakde:D

21

25 May 2008 15:07:05

Hedi

sampeyan tidak sendiri, sir, khususnya dalam hal travelling untuk kerja itu. orang2 dekat saya juga gitu. ooo ya, aku bosan kalo ga ada bacaan

22

25 May 2008 15:14:52

Riri Audiya

bosen kalo lagi sendiri..

23

25 May 2008 18:37:50

koprilia

bosan karena terlalu sering pakde…!!!!!!!

24

26 May 2008 01:58:11

abah oryza

ah saya pun mulai bosa nih …

25

26 May 2008 09:17:36

iway

@anang : maksut loe!

26

26 May 2008 10:00:04

zam

wah, pakde musti liat pak Mario Teguh.. “kebosanan adalah kontraproduktif dengan kemajuan..”

hwakakaka..

jadi inget dengan ayat ini: “Saat rindu mengalahkan logika. Apa yang akan dilakukan, mencoba menaklukkan rindu, atau mencoba menaklukkan logika? — Ar-Rinka”

27

26 May 2008 11:43:28

iman brotoseno

pernah baca bukunya Slamet Soeseno ( dulu pakar pertanian dan tanaman ) yang jalan jalan istrinya ke hutan hutan dan taman di seluruh Indonesia..bagus juga tuh

28

26 May 2008 13:10:38

EsTehTawarâ„¢

Saya bosan kalau semua blogger pada hiatus. :)

29

26 May 2008 16:57:02

yudhi

mari pulang ! hakhakhkahkahkahka

30

26 May 2008 20:35:18

pinkina

segala rutinitas membuatku cepet bosen (*hampir tiap hari)

31

27 May 2008 00:29:29

kw

aku masih pengen jalan-jalan mas. yang membuat saya bosan, selain rutinitas, mungkin merasa gagal terus haha

32

27 May 2008 22:44:26

merahitam

rutinitas dan gak ada hal baru, sir..

33

28 May 2008 17:45:18

kang bas

Hayo Pak Dhe! Omong dewe opo tak kandakke Bu Dhe… Ntar tak omongke kalo Pak Dhe bosen sama Bu Dhe.. wakakakaka
Bosen sama Bu Dhe? Tidaaaaaak……

34

28 May 2008 21:13:56

gambarpacul

itulah mengapa dunia dikatakan fana……….nek urung dilakoni ketone nyenengkeh tapi nek wis ya deneng kaya kuwe tok yah!

35

01 June 2008 21:07:24

ela

apa yg membuat sy bosan pakde? kira2 jwbannya sm^_^

36

10 June 2008 17:26:23

dwijo

Bosan is part of human being. Makanya ada tempat plesiran, tempat dolanan. Nyang bikin bosan emang, kondisi berulang yang kurang nyaman. Mitsale, ngomong kayak obat-nyamuk, muter-muter, mengeluh serasa orang termiskin di dunia, tapi gak ada yang “mengkasihani”, Dadi enakan ndobos, mengkhayal, mumpung gak bayar. Salam

37

21 June 2010 12:42:24

Yohan Wibisono

bosan kerja2 mlulu…kapan marriednya…

Ikutan Ndobos

|