1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Panggung Sandiwara

behave.jpg

Dunia adalah panggung sandiwara, begitu ujar sebuah lagu lawas yang digubah oleh Ian Antono dan liriknya ditulis oleh Taufik Ismail. Ada banyak pelantun lagu yang menyanyikannya, sebut saja nama seperti si kribo Ahmad Albar dengan God Bless-nya atau si madu – si ndok ceplok – si batu batere teteh Nicky Astria. Lagu yang menurut saya tidak tuntas sebetulnya. Lirik lagunya ada menyisakan pertanyaan “Mengapa kita bersandiwara”.

Lagu itu bertutur, bahwa di dunia ada peran wajar dan ada peran berpura-pura, sementara setiap kita mendapat satu peranan di dalamnya. Peran yang kocak bikin kita terbahak-bahak (kecuali kalau garing) dan peran bercinta bikin orang mabuk kepayang.

Sebagaimana lazimnya sebuah pertunjukan seni peran, jarang dari kita yang bisa melihat apa yang terjadi di balik layar. Bagi sebagian penonton, apa yang tersaji di panggung adalah sebuah kenyataan. Orang tidak lagi melihat sang pemeran sedang memerankan tokoh jahat, yang dilihat adalah orang tersebut adalah orang jahat. Maka ada kisah seorang artis yang menerima perlakuan tidak menyenangkan dari seorang penonton sandiwaranya mana kala ia sedang berbelanja di pasar.

behind.jpg

Kenyataan di balik layar bisa amat sangat berbeda. Beberapa film bahkan membuat dokumentasi tentang apa-apa yang terjadi di belakang layar dan proses bagaimana film tersebut dibuat, behind the scene atau making of istilahnya, yang lantas dipakai sebagai bahan promosi film tersebut. Ada seorang kawan yang kecewa setelah melihat yang terjadi di belakang layar. Bokong artis pujaannya ternyata tidak seindah yang tampak di film, karena dalam film tersebut sang artis menggunakan bokong pemeran pengganti. Apa ini istilahnya? Pemeran pengganti bokong? Coba tanyakan pada Mas Iman.

Sudut pengambilan gambar, pencahayaan, kepiawaian pengatur gaya lantas ditambahi musik latar, menjadikan apa-apa yang dilihat di layar seolah-olah sebuah kenyataan. Tak elok rasanya memang kalau kita menghakimi para pemerannya hanya berdasarkan dari apa-apa yang terpampang di layar pertunjukan atau berdasarkan bisik-bisik dengan sesama penonton lainnya. Jika lantas apa-apa yang terjadi di panggung ternyata sama dengan yang terjadi di luar panggung, itu adalah urusan para pemeran, bukan urusan kita.

Lantas pertanyaan mengapa kita bersandiwara tadi bagaimana? Ilustrasi dari fenomena Bollywood di India, yang pada tahun 2002 mampu menarik 3,6 milyar penonton (Hollywood hanya 2,6 milyar), mungkin bisa menjadi salah satu acuan. Banyak orang memerlukan mimpi untuk menjadi obat penawar kesulitan dan kepahitan hidup, walaupun hanya untuk sesaat.

Foto NdoroAlbar dan HannyAstria dipotret entah oleh siapa. Foto satunya lagi oleh Bangsari.

29 orang ikut ndobos

1

05 July 2008 07:15:46

nonadita

Nganuuu…
itu yang atas tuh Mister Kriwil dan peserta audisi Dangdut Mania yah? Ternyata ada skandal jepit tho? xixixixixxi…..

2

05 July 2008 09:12:16

ngodod

jadi… jadi… ah.., kecewa saya…

3

05 July 2008 09:32:13

Hedi

kenapa semua lahan diambil ndoro? ndoro hendrix (guitarist), ndoro albar (vocal), jangan2 abis ini ada ndoro manoppo (drummer) :P

4

05 July 2008 09:40:17

Nayantaka

ndoro brokoli to?
skor 2 – 1 ?
“setiap kita dapat satu perawan
yang harus kita mainkan”

5

05 July 2008 09:41:06

Nayantaka

opo ndoro rambut saru?
besok ganti bukan pecas ndahe, tapi jembul mbrodhot :D

6

05 July 2008 09:55:44

leksa

kebanyakan sandiwara dan film menyebabkan cinta lokasi, lhooo Pak De… :D

7

05 July 2008 09:59:48

aprikot

ndoro albar? weh selingkuh sama nona madu? trus doraemon dikemanain? waaa ndoroo??

lanjuuuut pakdee

8

05 July 2008 10:04:56

cK

skor saat ini 2-1. ayoo ndorooo, baleess!! :twisted:

9

05 July 2008 10:51:21

adipati kademangan

pengganti bokong ? entut man ….
eh salah …. stunt ya

10

05 July 2008 11:38:09

ebeSS

saya harus mencabut pernyataan ini:

saya semakin yakin bahwa postingan
http://ndobos.com/2008/04/08/ayo-pamer/
adalah klimaks mahakarya sir mbilung setahun terakhir ini . .

and the winner is . . . . .
http://ndorokakung.com/2008/07/02/wadam-pecas-ndahe/#comment-21138
adalah klimaks mahakarya sir mbilung setahun terakhir ini . .
. . . sebagai model . . :P
* sir, . . . itu murid kursus modelnya ditarik bayaran berapa?
* dia sulit untuk tampil maksimal ya . . , bakatnya nul puthul..
* terlalu pede dan terlalu mudah untuk diracuni . .
* tidak semua orang bakatnya sama sir . . . ;)

11

05 July 2008 12:00:26

ndoro kakung

sudah ganti profesi jadi konsultan pr juga?

mbok meneng to, ra sah buka rahasia ngono. wis kono, sak iki giliran sampeyan manggung -mbilung-

12

05 July 2008 12:14:47

annots

sebenernya ini dalam rangka memperebutkan apa atau siapa to pakdhe? *ngeluyur ke balik panggung*

13

05 July 2008 14:02:06

bukanblogger

foto ndoro yg ini kok mengingatkan saya pada maestro seni indonesia : Iskak Darmo Suwiryo ya?
tau kan? sang petruk “Ria Jenaka” yg legendaris model ketawanya itu lho..

14

05 July 2008 14:12:30

diditjogja

pertanyaannya?
peranan apa yang layak buat mereka?
*liat poto ndoro n zam*

15

05 July 2008 14:41:51

Epat

ndoro tibake gaul pol ya kekeke

16

05 July 2008 15:15:10

HannyAstria

Wakakakakak. Pak dhe tau aja kalo saya sering mimpi utk jd rockstar :p

17

05 July 2008 16:16:14

manusiasuper

*fokus pada punggung foto kedua*

18

05 July 2008 19:14:35

gambarpacul

kuwe poto sing ke loro….kaya artis temen Zam karo dita..!

19

05 July 2008 22:16:33

didut

namanya juga hot gossip jadi memang hrs pintar bersandiwara :P

20

06 July 2008 01:13:59

kw

ha haha masih bersambung rupanya. ditunggu mas postingan berikutnya

21

06 July 2008 15:30:56

tito

wah gendheng :p

22

07 July 2008 10:28:36

bangsari

wakakakak.

iki postingan pesanan sapa ya? :P

23

07 July 2008 14:21:01

MaNongAn

Pakde :manstabs !
Ndoro : lanjuuuttt !!
Pasangan bokong : mbok nyilih bokong’e Balibul atawa Pito disik ngono loh.

.::he509x™::.

24

08 July 2008 12:41:46

yati

sip sip….lanjoootttt….

*nunggu pembalasan

25

22 July 2008 16:32:06

ncomputing penganti-pc

ada bokong palsu,,,hikhikhik

26

09 October 2008 14:27:49

indei

ada yg mu ucapin “MINALA AIDZIN WAL WAIDZIN “

27

09 October 2008 14:29:10

indei

UNTUK SMWA YG SKA NDOBOSI W UCAPAIN ” minal aidzin wal faidzin “

28

14 March 2009 16:33:40

Yulia

Test.. Ndobos..

29

21 June 2010 12:27:28

Yohan Wibisono

kayak songnya Nike Ardila aja sich…

Ikutan Ndobos

|