1. Skip to navigation
  2. Skip to content
  3. Skip to sidebar

Lowongan Pekerjaan

Seorang kawan di bagian kepegawaian dahulu pernah mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan calon tenaga kerja dengan kemampuan seperti yang diharapkan. Saya lantas bertanya, apakah karena lagi-lagi soal upah? Maklum saja, kantor tempat saya bekerja itu tidak sekuat perusahaan raksasa yang mampu menawarkan upah yang dapat membuat orang terlanda “mak cleguk” (baca: menggiurkan) secara tiba-tiba. Maka keluhan yang lantas kerap dilontarkan adalah, “…bagaimana kita mau bersaing untuk mendapatkan tenaga terbaik jika upah yang ditawarkan menyedihkan begini?” Saya sendiri menolak jika upah dijadikan satu-satunya alasan ketidakmampuan untuk mendapatkan yang terbaik. Untungnya, kawan itu berkata, “belum sampai perundingan upah kok, ini yang melamar jumlahnya sangat sedikit dan nyaris tidak ada yang memenuhi syarat minimum.” Ah…minat awal ternyata.

Saya bukanlah seorang yang ahli dalam bidang periklanan dan perekrutan pegawai. Hanya saja, saya pribadi berpendapat iklan lowongan kerja itu sering isi persyaratan yang ditulis lebih mengerikan dari kenyataan pekerjaannya itu sendiri. Apa lagi jika iklan tersebut ditulis dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) … aih, ngeri kali kesannya. Selain itu, iklan lowongan kerja juga tidak menyertakan gambar atau foto sebagai pelengkap tentang pekerjaan yang harus dilakoni nantinya. Lantas bagaimana? Saya ya lantas lancang memberi usulan, bagaimana kalau ilklannya dibuat begini? (sambil menunjukan 3 foto berikut keterangannya). Apa reaksi yang saya dapat? Hanya kerutan di wajah mereka dan seruan “BAH !!!”. Apa yang salah dengan penyajian iklan lowongan kerjaan yang saya buat di bawah ini?

1.jpg

We are looking for a highly motivated and dedicated person who is willing to endure this kind of hardship,

2.jpg

able to work in a very harsh and unpredicted environment,

3.jpg

and willing to travel with unconventional mean of transportation.

Apakah iklan begini terlalu “graphic”? Jika ya, maafkan saya dan ketidak pekaan saya … untung saja dipekerjaan saya tidak ada syarat “pretty, sexy and loose moral” … eh?!

39 orang ikut ndobos

1

01 February 2010 16:38:57

bangsari

gyahahaha. mau. mau. mau…

2

01 February 2010 16:40:36

lindaleenk

eh linda mau ikut kerja tempat pakde :p

3

01 February 2010 16:41:20

kw

wah mas, iklan baris langsung kolaps dong :)

4

01 February 2010 16:46:40

suprie

saya mau!! …. CV dikirim kemana pakde ?

5

01 February 2010 16:49:16

hedi

willing to travel dgn kapal itu, berarti tugasnya opas & bagian nyuci kapal

6

01 February 2010 16:52:53

elia|bintang

wah kl ada gambarnya begitu malah menarik yah.. saya ikut ngelamar deh :P

7

01 February 2010 16:55:21

nonadita

>>able to work in a very harsh and unpredicted environment,

maksudnya disuruh nyapuin pasir2 pantai…

8

01 February 2010 17:04:19

dewi

inti dari postingan ini cuman satu, “saya ini orang narsis dengan pekerjaan yang menyenangkan.” :))

wiken ini ke JKT, pak? ;))

9

01 February 2010 17:10:25

dinda

wahwahwhahw…. ide cemerlaaaannggg!!!!

10

01 February 2010 17:13:46

Oom Yahya

Idenya cukup bagus, pak Dhe.
Cuma sayangnya bintang iklan di ketiga contoh foto di atas kurang menjual. Mungkin perlu cari yang lagi naik daun, Coki Sitohang misalnya.

11

01 February 2010 17:17:55

blanthik_ayu

bagaimana kalo saya yg jadi model iklannya ????? *mesem mesem gendeng* :D

12

01 February 2010 17:20:31

iphan

pak dhee.. cv aku udah siaap. kirim kemana nih? :D

13

01 February 2010 17:30:10

sapiterbang

justru mahal biaya cetak iklannya kalo pasang2 gambar
panteslah langsung di ‘bah’ in

14

01 February 2010 17:44:32

omagus

siap siap kirim cv
kemana nih..?

15

01 February 2010 18:40:06

bayuhebat

hahaha mau pakde… tapi kalau masuk koran rasane susah

16

01 February 2010 18:58:48

Sita

Akuu..mauuu….!!!!

17

01 February 2010 19:21:45

Dimas

pakde, daku mau kirim cv, tapi attachment fotonya ada 10 dengan berbagai gaya, boleh?

18

01 February 2010 19:41:34

fahmi!

ndaftar!

19

01 February 2010 19:58:51

Riki Pribadi

Pak De, daftar satu!!

20

01 February 2010 20:30:04

tetangga sebelah

Gak pake foto yang lagi nangkring di pinggir kolam renang juga? Kan bisa dijudulin “And willing to work anywhere”

LOL
nyebelin BAH!

21

02 February 2010 00:09:16

zam

BAH!

22

02 February 2010 01:43:53

Ocha

Wuih… Melu ndaptar pakdhe. Kalo2 nyang di sorong ada lowongan. Hehe. :D

23

02 February 2010 08:13:15

desty

tuh bnyak yg ndaftar. berarti iklan pakdhe emang mantap

24

02 February 2010 08:53:04

sandal

Surely I would like to apply for that position!
*packing*

25

02 February 2010 09:12:06

yudhi

wakakakakakaka

26

02 February 2010 09:42:10

pinkina

mahal pasang iklannya

27

02 February 2010 12:15:26

mbakDos

ya jelas ditolak.
panjenengan model iklannya.

iyah, mestinya foto kita berdua itu ya yang dipakai -Mbilung-

28

02 February 2010 14:10:14

nyoman

terbukti manjur pakde. dari jumlah yg ndobos diatas udah melebihi syarat minimum. ya… kalo iklan baris ga nampung, banting stir ke iklan blog :)
salam,
nyoman

29

02 February 2010 16:13:17

Chic

hoanjritoz… kalo ada iklan lowongan pekerjaan dengan gambar-gambar itu sapa yang ngga ngiler Pakdhe, saya akan langsung mengajukan lamaran!!! :shock:

eh btw, aku curiga postingan ini murni karena pertanyaan pakdhe soal lowongan pekerjaan yang sepi peminat, ini pasti cuma mau pamer-pamer photo narsis aja… :twisted: ya kan? ya kan? :lol:

Tuh kan … -Mbilung-

30

02 February 2010 22:57:20

mikow

seharusnya ada poto ke 4 dong pakde..

poto orang nyeret2 koper :P

31

03 February 2010 16:11:34

adipati kademangan

langsung ndaftar kabeehh. Pekerjaan yang akan dijalani sudah digambarkan baiknya, buruknya tunggu saja di lapangan :P

32

03 February 2010 17:56:18

DosenGila

Pakde …. pengen daftar sih tapi sepertinya fisik perlu diremake kalau memang pengen serius daftar …

~mlipir …

33

03 February 2010 20:52:36

andriz

om ndobos nih…hehehe becanda om

34

05 February 2010 13:20:45

me

lihat wajah pakde sudah mikir seribu kali deee…

35

06 February 2010 14:49:32

fajrin

ya kalo iklannya gtu, orang yang datng ngelamar bisa g’ segan dah ama yang ngetest nanntinya….
kan perusahaan jd g’ berwibawah…
he he he…

36

08 February 2010 11:58:40

biyung nana

iklan lowongan yang mengerikan
pasti tingkat stressnya mendekati level jahanam. jangan2 baru probation 3 bln udah masuk rumah sakit jiwa. ^.^V

37

26 February 2010 23:17:46

Mufti

Saya maulah kerjaan lapangan macam gitu ntar kalau lulus. tapi pusing euy, ada gitu yang butuh orang macam saya? Ngeliat-liat kompas gak ada lowongan buat lulusan biologi, sampe punya rencana bareng temen mau mereboisasi kalimantan dengan singkong. haha

38

09 April 2010 17:40:17

sesy

aku mau pakdhe kl kerjaane kaya gitu….. hehehehe

39

21 June 2010 10:25:48

Yohan Wibisono

ikutan juga dong satu buat aku…

Ikutan Ndobos

|