Menara

Sepanjang perjalanan Jakarta – Tanjung Lesung pergi pulang, ada yang sangat mengganggu pemandangan alam sekitar. Di banyak tempat ada banyak menara. Tiga hingga empat menara, kadang lebih, bergerombol. Katanya itu menara untuk menyangkutkan peralatan Base Transceiver Station (BTS) bagi perusahaan jasa komunikasi nir-kabel.

Ada menara yang banyak diganduli alat, ada pula yang sepi. Kasihan juga perangkat BTS itu kalau hanya sendirian, ndak ada temannya di menara itu. Apa tidak bisa itu para perusahaan menggunakan menara secara bersama-sama? Apa sampeyan ada yang tahu?

menara.jpg

Join the Conversation

24 Comments

  1. wah, mbok venus menara perlu buat dipikirin, ada pengaruhnya lho gelombang radiasinya, pemborosan alat, dan sebagainya dan sebagainya..
    iya ya.. pembangunan macem itu apa ya tidak dipikirkan pemerintah dengan terencana dan terarah ya?
    mbok coba biaya pembangunan dialokasikan pada para anak putus sekolah, mereka yang mengais-ngais makanan di tong sampah……..

  2. masalahnya memang belum ada peraturan yang memaksa untuk penggunaan BTS secara bersama antar operator selular…lama2 memang akan jadi hutan BTS..

  3. lha soale, para pemain besar ga rela kl menaranya ditunggangin saingan, pelit memang
    kl yg masih gurem sih biasanya ga keberatan untuk saling numpang, biar irit

    kl punya menara sendiri atau gedung tinggi lumayan tuh buat disewain 😀

  4. jadi inget pengalaman keluyuran ke bandung-cirebon tahun lalu..

    saya pernah berpikir seperti njenengan loh.. knapa sih tiap operator seluler ndak bikin aja menara bersama, lebih irit.. tapi ternyata untuk nentuin tempat gitu ada itungannya, pakde..

    heheh.. lagian dengan adanya menara gitu, masyarakat (terutama yg tanahnya dipake buat mancangin menara) dapat penghasilan lo.. beloim lagi, kontraktor dsb.. 😀

  5. tauk tuh…katanya biaya bikin dan miara menara itu mahal…kok ga satu aja dipake rame2….biar irit tempat, ga banyak lahan yang disemen (sebelumnya di ratain dan ditebangin pohonnya). di Kalsel kalo ga salah, ada tower gini ikut nyemburin lumpur…belum segede Lapindo sih…bentar lagi ‘kali

    *lho, kikodnya kok blog gw sendiri?

  6. lupa…. x-( itu simbok ngapain udah ikut2 comment? bukannya harusnya dia tidur? Jangan diajak ngobrol mas….boikot aja! lupa dia gimana rasanya sakit…. huh!

    *kok sekarang malah senandung? iiih…ini blog ga tau kalo gw yg comment apa? hihihi…

  7. wha lha ini efek dari beredarnya HP layaknya kacang goreng, tower BTS menjamur dimana-mana meskipun sudah bukan musim hujan lagi. Hmm, kalo tower BTS 1 buat rame2 kayaknya Pemda yang terisak sesengguan karena pendapatan daerah berkurang, yae we…

    wong aku juga cuma melu-melu ndobos, hue e e e e e

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *