Hidangan Sahur atau Berbuka Puasa

Hidangan sahur atau berbuka puasa yang “aneh-aneh” pada bulan-bulan puasa di tahun-tahun yang telah lewat dan kebanyakan pada akhirnya tidak saya santap lumayan banyak, beberapa diantaranya :

Rosenheim – Jerman:
Sahur, tidak ada air putih, yang ada bir segelas besar yang bisa nambah kapan suka. Akhirnya minum air putih dari wc.

Strasbourg – Perancis:
Buka puasa. Bekicot godog yang disajikan dengan bawang putih.

Brighton – Inggris:
Buka puasa. Daging iga bakar ngepul-ngepul mengundang selera. Iga babi. Akhirnya makan malam dengan rebusan brokoli saja.

Tokyo – Jepang:
Buka puasa. Masih di dalam kereta yang tidak boleh makan dan minum. Ngemut odol, manis-manis pedes.

Way Kambas – Indonesia:
Sahur di tengah hutan. Singkong rebus, belakangan baru sadar kalau air minum sudah habis. Masak air sambil cegukan.

Hutan Krui – Indonesia:
Buka puasa. Ada nanas ranum, tapi ndak ada pisau. Nanas dijepit di pintu pondok penjaga hutan.

Situ Lembang – Indonesia:
Buka puasa. Agar-agar “manis”. Hanya saja tertukar gula dengan garam pada saat membuatnya. Baru sadar setelah agar-agar ada di mulut.

Bukit Tunggul – Indonesia:
Buka puasa. Singkong bakar. Singkong mentah langsung dilempar ke api unggun, hanya saja terlalu lama. Akhirnya malah sibuk memilih mana singkong mana kayu bakar.

Untungnya saya bukan pemain kuda kepang atau debus. Menarik juga kalau disuguhi hidangan semprong lampu asem manis.

Join the Conversation

26 Comments

  1. aku saya! saya pernah buka puasa pake ga pake apa2 alias cuman nelen ludah! sebatang rokopun tak ada, sampe tempat tujuan hidanganpun telah usai.. akhirnya botol berisi teh manis lagi yg jadi santapan buka saya.

  2. wakakakak aku ngguyu ngekek mocone, mbayangno pakde mangan nanas dijepit lawang. ndak gatel apa bibirnya kekekeke. kraus..kraus..koyo…(ndak wani ngomong hehehe)

  3. Wuahahahahahah…ngakak tenan aku pakdhe..
    Eh..ndak boleh ngakak ombo ombo ya?
    Lha ya ko iso dapet pengalaman gitu luwecu tuenan ko pakdhe..
    Tapi seru kan? Bisa buat cerita anak cucu.
    Untung masih bertahan sampe skarang meskipun udah pernah makan odol.Kekekekekek..

  4. Hhahahahahahha…Nggak bisa berhenti ketawa bacanya. Bener tuh kata Yati…

    tapi kalau sekarang, nggak mungkin nemuin hidangan aneh begitu toh ya…Kecuali mbak jeni iseng masak semprong asem manis 😀

  5. yang aku lebih gumun lagi, kok ya tetep inget, tempat dan menunya ya? jarak waktunya ga deket kan?, apa lagi namanya yang bikin inget kalo bukan terlalu dramatis n tragis nian! tapi ga kapok kan pakdhe?

  6. aq jadi inget masa lalu buka puasa telat nyari makan trus tanpa nyadar lupa dech jadi langsung sahur lag.tapi ga apa dech itung2 ambah amal pa kamal zz{kalo titi kamal sh mau }

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *